HOME VISIT

Untuk mencapai pengembangan diri santri secara optimal, tentunya di perlukan kerja sama yang baik antara sekolah dengan orang tua santri. Home Visit atau kunjungan rumah adalah salah satu bentuk kegiatan yang selaras sekaligus bisa ‘ meningkatkan hubungan silaturahmi .

Rahardjo & Gudnanto (2011: 224) menjelaskan bahwa home visit atau kunjungan rumah adalah metode untuk memahami individu dengan cara konselor mengadakan kunjungan ke rumah orang tua siswa dengan tujuan untuk mengenal dan memahami keadaan siswa di rumah.

.Kegiatan Home Visit (kunjungan rumah), setidak-tidaknya memiliki tiga tujuan utama, yaitu:

1) Memperoleh data tambahan permasalahan santri , terkait dengan keadaan rumah/orang tua.
2) Menyampaikan permasalahan dan kemajuan pembelajaran santri kepada orang tua
3) Membangun komitmen orang tua terhadap penanganan anaknya (Prayitno & Amti, 2004).

Home Visit di Bias Assalam acap kali dilakukan wali kelas ataupun petugas yang ditunjuk . Kunjungan akan dilaksanakan setelah petugas mendapatkan kesediaan waktu menerima dari Wali santri . Kami tidak selalu mengunjungi santri santri yang bermasalah saja . Karena Seluruh santri Bias Assalam memiliki hak dikunjungi petugas untuk menerima laporan kemajuan pembelajaran di sekolah.

Seperti Hari ini kami berkunjung ke rumah keluarga Syafiq , Keluarga Tohari dan Keluarga H.Akhmad Kaokab. Mereka para pengusaha dengan posisi putra mereka sekarang di kelas 6 SDIT Bias Assalam. Betapa senangnya mereka dikunjungi , disamping mendapat informasi sekolah maupun prestasi putra mereka, Home Visit juga wahana silaturohmi lebih mengenal , pendidik dan pengelola pendidikan dimana putra mereka di titipkan.. Kemudian Keuntungan buat sekolah adalah banyak masukan wali santri ,untuk kesempurnaan program program sekolah dimasa mendatang.

(By. Drs. H. Mulyanto, MT)

 

Video



    
   

PPDB 2024-2025


Follow us


Kontak


Alamat :

Jl Dadali No. 12 Randugunting

Telepon :

0283 4534 123 - 0852-2527-3641

Email :

humaspsb2019@gmail.com

Website :

www.biastegal.sch.id

Media Sosial :

Berita Terbaru


Image

FAMILY DAY BIAS ASSALAM

Image

SMP IC BIAs assalam

Image

SDIT BIAS Assalam

Image

RA BIAS Assalam

Image

Play Group BIAS Assalam

Image

Batita Center BIAS Assalam

Banner


Visitor